15 November 2006

mencari 12 Ksatria

- ya Allah senengnya!
hati saya sebenarnya berbunga-bunga.
trima kasih karena antum kenal saya. dan terima kasih atas do'anya.
semoga Allah membalas kebaikan mu . sahabat.
12 ksatria di dunia KAMMI.
sepertinya otak saya bersinar-sinar mendengar frase yang baru itu.
sepertinya dalam otak saya juga tumbuh saraf saraf baru yang
menghubungkan sel2 kelabu saya. frase, kata yang benar-benar baru
masuk ke telinga saya dan sepertinya akan segera akrab- 12 Ksatria.
otak saya pun menjelajah. mencari dimana ada 12 Ksatria yang mampu
merubah peradaban. mampu membuat sejarah. saya mencoba bertemu dengan
para nabi dan rosul tapi saya segera sadar bahwa mereka adalah pejuang
-pejuang gigih yang cukup Allah-lah sebagai penolong.
segera sadar saya lalu mencari pejuang2 setangguh rosul. lalu saya
temukan pemuda Ashabul Kahfi namun sayang mereka ternyata hanya
bertujuh dan ditambah seekor anjing.
saya lanjutkan pencarian ke jaman Rosulullah. yang terkenal disana
adalah 10 sahabat yang dijamin masuk sorga. hanya 10. masih kurang 2
untuk menjadi 12.
merasa buntu di kawasan timur tengah saya pindah pencarian ke
Amerika. setelah banyak bertanya. akhirnya ketemu saya dengan legenda
seven significant- koboi amerika- ternyata mereka hanya bertujuh.
masih dengan bersemangat saya lanjutkan untuk bertemu Jack kirby
(penulis komik captain Amerika funtastic Four, the X-men, silfer
sulvur dll)dan menayakan adakah 12 Ksatria? ia menjawab bahwa ia tak
pernah buat tokoh sebanyak itu. ada yang jumlahnya 4 dan yang paling
banyak x-men tapi g nyampe 12 katanya.
masih dengan semangat 45 saya pergi kejepang di abad
pertengahan. yang paling terkenal saat itu adalah ternyata Nobunaga,
Ieyasu dan tentu sang Taiko. hanya 3 masih kurang. kegenerasi
selanjutnya saya bertemu tokoh yg terkenal musashi. ia malah kesepian
dan minta dicarikan teman.
keringat mulai keluar. saya cari di komik2 jepang. kungfu boy,
sendirian dan 2 temannya. one piece, samurai X, sanao tak ada yang
12. 12 orang terlalu banyak kata para komikus. C. tsubasa az hanya 11
itupun udah susah buatnya palagi 12.
saya mulai lelah, tapi hati bertekad harus kutemukan 12 ksatria itu.
saya coba pindah mencari ke saudara dekat Jepang. cina. konon katanya
disana penduduknya banyak. saya susuri dataran cina, kuil2 saya
datangi. nihil. di sholin hanya ada 11 orang yang terkenal sepak
bola. saya ulangi lagi menyusuri kawasan cina mulai dari utara samapi
selatan. hasilnya tetap nihil.
mulai gelisah. dimana engkau wahai 12 Ksatria yang pernah menggoncang
dunia. menggetarkan peradaban.
saya kunjungi Afrika. diana malahan tak kenal ksatria. dengan gontai
saya kembali ke Indonesi jaman baheula.
saya tlusuri kerajaan2. samudra pasai. kutai, demak, maja pahit
singo sari masih tidak ada.
saya temui Soekarno, dimana 12 Ksatria?. ia malah meminta 1000
pemuda. dan menjawab istrinya telah lebih dari 12. saya tanya Hatta
ia kebingungan tak bisa jawab. hanya diam seribu bahasa. saya datangi
sahrir dan anggukan penuh arti yang kudapatkan.
saya masuki sajak2. chairil Anwar. kosong.
dimana engkau sang 12 ksatria. saya lelah, saya putus asa.
saya kembali kesini. ditempat duduk menghadap layar komputer.
12 ksatria ada disana ternyata.
mengelilingiku. ditengah-tengahku.
12 ksatria sudah disini.
berdiri di kolam sejarah.
bukan ditepian
12 ksatria sudah siap
siap siap siap
menancapkan sejarah

No comments: