12 June 2007

hardiknas iya sich!

Besok ini tanggaal 02 Mei. Yang berati dalam tanggalan Indonesia besok adalah Hari Pendidikan Nasional yang kemudian dikenal dengan singkatan hardiknas. Yang kalau tidak salah dipilihnya tanggal 2 Mei ini menjadi hardiknas ini adalah bertepatan dengan lahirnya pahlawan indonesia pendiri Taman Siswa : Ki Hajar Dewantoro. Yang terkenal dengan petuahnya tut wuri handayani bla…bla…

Tapi ko anehnya serasa tak ada yang spesial dan persiapan khusus dalam hidup ini untuk menyambut Hardiknas . biasa-biasa saja , adem ayem. Nothing special. Padahal klo dipikir-pikir lebih dalam lagi pendidikan kan (salah satu) kunci utama untuk memperbaiki bangsa yang reyot ini. Tapi to yah… ko ga ngaruh ..gitu.

Apakah hilang kepedulian? bisa jadi. Apakah karena banyaknya masalah? Mungkin juga. Tapi saya pikir lebih dari itu, mungkin karena semakin sedikitnya lulusan pendidikan Indonesia yang bisa diandalkan..(dan mungkin juga termasuk para lulusan PT , bahkan PT dan sekolah yang mewah2). Padahal dulu (Jamannya Taman Siswa) di sekolah yang reyot dengan atap yang bocor jika hujan banyak yang lahir lulusan yang benar2 bisa diandalkan. Lalu apa yang salah?
Disaat yang lain sibuk mempersiapkan aksi besar-besaran. Di balik benak ini malah terpikirkan hal yg malah nyeleneh. Aksi= berkumpul, berkerumun , berorasi, jalan bentar kemudian diakhiri do’a lalu pulang dilanjutkan dengan istirahat kalo tidak tidur. Hasilnya, tetap saja tak ada perubahan terhadap pendidikan kita. Masih saja tidak kreatif, menakutkan dan mahal. (harus ngulang lagi materi fiqh aksi sepertinya)

Lalu…lama berselang… saya
membuka file2 lama di flashdisc saya temukan lagi catata n tentang pendidikan yang sudah lama tersimpan. Lumayan cukup panjang tapi tak ada salahnya jika saya bagikan juga di forum ini.
Silahkan dibaca! (sedikit edisi revisi)

Selamat Hari Pendidikan
Pendidikan untuk semua

No comments: