27 June 2007

Buku bagus?


Tulisan ini Berawal dari dialog kecil yang sangat menarik dengan seorang teman. (Mungkin ini terlalu egosentris)

Terus terang sudah lama banget saya ga nemuin buku yang benar2 bagus. (entah mungkin karena minat dan daya baca yang menurunkah). Sebagai contoh aza, Awal bulan kemarin di book fair dan pekan kemarin ke toga mas yang begitu banyak bukunya dengan berbagai macam judul dari penerbit yang berbeda ko ga ada satu pun buku yang benar-benar bikin saya tertarik dan saya bilang bagus.
ko semakin jarang saja Buku yang bisa menjawab rasa ingin tahu. Buku yang bisa bikin munculnyaa rasa penasaran.

dan sepertinya isi buku udah ketahuan apa isinya hanya dengan baca sinopsis atau sekilas skiming.



Sepertinya buku-buku yang ada ditulis malah bikin saya terasing. Buku-buku yang diterbitkan sepertinya bukan untuk saya dan malah tak jarang buku yang ada malah mengucilkan. Dan bikin saya merasa sangat kecil dan measa bersalah :
belum lagi buku dengan gaya penulisan yang kering ala berita pagi semakin lengkaplah.
"bukan-bukan kayak gini buku yang gw mau... "

Sampai Sekarangpun saya massih mencari buku yang bagus itu. Buku yang ketika baca kamu bergumam. “Iya bener nih .... bukuny gw banget !!”. hahaha...!!"

buku yang ketika baca Ga bikin kita terasing, dan terasa menjadi pribadi manusia seutuhnya. Bukan malaikat yang suci bukan pula syaitan yang terkutuk.

Buku yang jadi cerminan, pendapat dan kata hati pribadi. Tidak menipu dan tidak memonopoli. Buku yang memantulkan cermin pribadinya ketika orang yang baca.

saya yakin setiap orang punya definisi sendiri2 tentang buku yang baik. Dan setip orang boleh mendefinisikannya.
Dan bukan tidak mungkin pendapat saya tentang buku yang bugus suatu saat bisa berubah.

No comments: