02 February 2010

Panggil saya Acep saja.

Setiap kali nama asli Acep disebut, pasti orang-orang pada heran. Pasti kemudian bertanya. “Kok bisa ya panggilannya Acep? Jauh banget dari nama aslinya”. Sementara, yang lain bilang “Gak nyambung ah nama panggilannya”. Dulu Acep pernah heran juga, tapi Acep mah gak pernah bertanya ke Abah atau ke Emak tentang bedanya nama panggilan dan nama asli Acep. Menurut Acep mah gak pantas nanya-nanya asal-usul alasan pemberian nama ke orang tua. Udah dari sananya bernama Acep, ya udah terima saja. Kalaupun ada alasan, pasti kalau saatnya tepat, Acep pasti di kasih tahu. Yang Acep tahu, sampai sekarang ini, nama asli Acep itu pemberian kakek, sedangkan nama panggilan di kasih sama Abah. Itu saja.

Lagian di kampung Acep hampir setiap orang punya nama kecil atau nama panggilan yang beeeda banget dari nama aslinya. Contohnya Lisa dipanggil Icha, Guntur jadi Duduy, Martin jadi Ririn, Arman jadi Udeng, Adang jadi Cecep, Topan jadi Mpang, Syaiful jadi Ipul, Ali jadi Oncom, dan saya, Aria Indrayana di panggil Acep. Heran kan!? Kok bisa, ya!? Sama, Acep saja heran.

Kalau Acep perhatikan, nama panggilan teman-teman Acep itu lebih santai, lebih ringan. Gak rumit, gak njlimet. Gak ada artinya sama sekali, rada-rada lucu, bahkan terkesan ironis, atau bahkan menirukan bunyi sesuatu. Seperti nama keponakan Acep yang nama panggilanya E’a. Ketika Bibi Acep di tanya kenapa namanya E’a jawabnya ringan banget. Karena dulu, kata Bibi Acep, pas selagi orok si E’a kalau nangis suaranya ea..eaa...
Tuh kan!
Lha emang ada gituh orok yang nangisnya mengembik... ah, ada-ada saja si Bibi mah! Gak kreatif banget, yak!?

Beda banget sama nama Asli atau nama resmi yang biasanya tertera di akte kelahiran. Nama Asli orang-orang kampung Acep biasanya gagah, hebat, punya makna yang menggambarkan sifat-sifat terhormat. Di kampung Acep, nama-nama asli biasanya diambil dari Al-qur’an, nama Asmaul Chusna, nama tokoh dari cerita pewayangan Mahabrata atau Ramayana, atau dari kejadian-kejadian alam.

Jangan salah, pemberian nama resmi itu ribetnya bukan main. Harus diadakan perayaan atau selametan dulu. Harus ada nasi uduk, opor ayam, kue bolu, wajit, dodol ketan merah, dan lain-lain dan lain-lain. Pokonya harus disajikan yang enak-enak lah. Baru kalau semua warga sudah kebagian, nama asli sah disandang sang anak. Biar berkah.

Tapi kalau si anak kemudian sering sakit-sakitan, sering jatuh, atau sering kecelakaan, baru orang tua si anak buat selametan untuk ganti nama resmi anaknya. Kata orang-orang tua di kampung Acep, itu akibat namanya yang terlalu bagus, gak cocok sama orangnya. Misalnya, yang tadi namanya Fery, karena sering sakit-sakitan diganti jadi Ramdan.
Itu juga setelah si orang tua tanya-tanya orang pinter. Di kampung Acep mah gak boleh ganti nama seenaknya meskipun yang mau diganti nama anaknya sendiri. Bisa kualat tahu. Semua harus seizin orang pinter dulu.

Nah kalau selametan udah digelar dengan kelengkapan panganan yang sama saat selametan pertama, yang pangannya gak boleh lebih atau kurang, barulah nama pengganti resmi di sandang sang anak.
Heran? Sama. Acep saja sampai sekarang masih heran kok.

Nah itu beda nama panggilan sama nama resmi. Nama resmi itu mahal. Izinnya ribet. Proseduralnya bertele-tele. Makanya orang-orang di kampung Acep menganggap nama asli itu sesuatu yang berharga. Harus dijaga baik-baik. Gak boleh sembarang disebut kecuali dalam acara-acara resmi. Gak boleh sembarang ditulis kecuali dalam surat-surat resmi. Karena seperti barang antik, nama asli jadi jarang disebut. Jadilah kadang-kadang kebanyakan saudara-saudara jauh lupa nama lengkap saudaranya sendiri.


Beda banget dengan nama panggilan. Meskipun nama panggilan tak pernah dicatatkan di surat-surat, di akta kelahiran, atau di buku rapor, tapi dengan nama panggilanlah orang-orang di kampung Acep disebut oleh keluarga dan orang-orang terdekatnya. Dengan nama panggilanlah teman-teman saling mengejek, dimarahi, dirindukan dan bahkan disayangi. Begitu juga Acep. Meskipun nama “Acep” tak pernah tertulis dalam ijazah dan surat resmi lainnya, Acep ingin dikenal sebagai Acep oleh orang lain. Bukan Aria Indrayana.

Dan inilah sebagian kisah Acep.

4 comments:

Oyen said...

he..he, biasanya nama panggilan lebih ngakrab seh. Kalo ane sendiri seh gak masalah, cuman emang disarankan manggil dengan sebutan nama kesayangan

kalo ane jaman kecil dipanggil eyik, tmen2 smp-sma ada nyang manggil bu admo, malahan gara2 pernah main jadi mak lampir di drama sekolah, abis ntu temen sekelas manggil mak lampir...tapi kalo di dumay, ane lebih enjoy pake karakter fiksi ane...si Oyen...he..he..

terserah agan de manggil ane sapa..he..he

Bambang Trismawan said...

jangan terserah donk buk.
manggil si oyen lucu juga kayaknya.

omong-omong, Dumay itu mana yah? Malaysia yah??

Oyen said...

ye...kudet, Dunia Maya bro...beuuuhhhh

Bambang Trismawan said...

kudet artinya pasti kurang apdet yah..?
maklum bloger ecek-ecek. ngeblog cuman kalau ada maunya ajah.!