16 December 2006

who am I ?

Saya, Bambang Trismawan, adalah anak ke dua dari tiga bersaudara. Pernah berstatus menjadi anak bungsu selama 12setengah tahun, namun posisi tersebut berpindah (direbut oleh) ke adik saya tersayang tepat pada tanggal 14 Maret 1997.
Tentang nama saya, saya sempat berpikir bahwa seperempat orang (laki-laki) Indonesia bernama Bambang. Mulai dari tukang sapu, cleaning serpice, tukang parkir, supir, kernet, pemusik, karyawan TV, karyawan BUMN, karyawan Swasta, sampai Dosen, dekan, Rektor, Profesor, direktur, menteri, prajurit dan Jenderal sampai ke Presiden…semua bernam Bambang.
Namun setelah lumayan hidup hampir dua dekade, akhirnya saya berkesimpulan, ternyata nama Bambang bukan berjumlah seperempat dari penduduk Indonesia, tapi tigaperempat…hehehe

Masiuh berkaitan dengan nama, kata Rektor Brawijaya, yang bernama Bambaang Guritno, bambang itu artinya anak baik. Saya seeh terima-terima saja. ga pa pa. dan emang ga usah diributkan. hihihi

Saya lahir di sebuah kota yang lumayan sejuk, Sukabumi, dan tinggal di rumah yang berada dipinggiran kota, namun ternyata setelah dihitung2lebih dekat ke rimba desa daripada ke kota. Mulai mengenal bangku sekolah sejak tahu 1989, yaitu sejak diterima menjadi siswa TK nol Kecil di TK Bojong ….(maaf lupa nama lengkapnya) pada usia 4 tahun lebih dikit.

Karena alasan biaya TK pada waktu tersebut lumayan mahal (ini berdasarkan wawancara dengan ibu tercinta), umur bersekolah saya sebagai siswa TK hanya berumur satu tahun, dan tidak berlanjut ke kelas NOL besar. Dan lagi-lagi karena alasan biaya sekolah di SD lebih murah, maka Ibu saya nekat memasukkan saya langsung ke SD pada usia 5 tahun dengan status anak bawang. (begini kata ibu saya, kepada guru SD, agar bisa saya bisa diterima menjadi siswa SD. tentu saja setelah di translet kedalam bahasa indonesia “jadi anak bawang saja Bu, ngendog (ga naik) setahun juga ga papa”.).

Namun tanpa diduga dan tanpa diprediksi anak bawang yang tidak diperhitungkan ternyata malah menjadi jawara kelas selama 3 caturwulan di kelas satu. Dan dengan terpaksa para guru menaikkan saya ketingkat selanjutnya. Selanjutnya saya langganan rangking 1, 2, 3, 4, dan 5.

Saya suka musik, namun buta musik alias tidak ‘ngeh dengan namanya notasi musik alias tidak bisa memainkan satu alat musikpun. kecuali sebuah meja datar atau kayu yang bisa saya pukul-pukul berirama atau bahasa sundanya tatalu atau bahasa jawanya klothekan.
Pada waktu duduk dikelas tiga SMP, saya pernah belajar gitar selama satu bulan, menjelang ujian kelulusan mata pelajaran kesenian, disaat ujian saya berharap akan tampil dengan alat musik yang lumayan keren: gitar. Namun dasar saya benar-benar buta musik, belajar gitar satu bulan tidak bisa menghasilkan apa-apa.

Selama satu bulan hanya bisa posisi kunci C,G dan F itupun dengan suaranya yang fals… akhirnya saat ujian saya tampil dengan suara pemberian Allah, yang agak nge-bas, menyanyikan lagu Bintang yang dipopulerkan oleh air…

*jreng-jreng jrenng*
“Binhthangh dhi lhanghit kerhlhip enghkahau dhi sanha…”
*dinyanyikan dengan suara agak ngebhas*
Lumayan dapat nilai 7.

Sekarang saya kuliah di Brawijaya di fakultas Perikanan dengan jurusan PSPK (Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan). Setelah selama tiga tahun memperdalam ilmu Elektronika di SMKN I Sukabumi (dulu namanya STM)…lumayan ga nyambung.

Sampai saat ini Sedang mengerjakan skripsi….mudah-mudahan semester ini selesai.
Suka film, namun saya akan pikir2 dulu jika ada produser yang nawarin saya main film…soalnya masih belum ngerasa cocok dengan genre filam Indonesia saat ini.
Mengenai saya :
Saya itu kurus, sok tahu, keras kepala, ga mau ngalah, pilih-pilih teman, ngannggep semua hal bisa dilakukan sendiri, egois. hal yang bisa diidentifikasi dari saya sekarang,
Sedangkan karakter lain seperti : penolong, gapilih-pilih temen, lembut, penyayang, egaliter, masih berupa tunas-tunas kecil di taman kebijaksanaan yang akan terus saya siram dengan air ilmu agar akarnya menghujam-cengkram kedalam karakter ku dan cabangnya menembus langit, memberi teduh yang ada dibawahnya. Daunnya dan buahnya menjadi penampilan dan perbuatanku…semoga saja…*amin.*


Sekian dulu….lain kali akan dilanjutkan.
Salam,
Bambang Trismawan

No comments: