07 March 2011

Obrolan Tentang Alien




Benarkah alien ada?

Saya kira, pertanyaan tersebut masih sahih diajukan. Karena meski teori penolakan keberadaan alien bertebaran, teori tersebut bisa direduksi hanya dengan satu pertanyaan sederhana: bagaimana jika. What if. Bagaimana jika alien ada?

Ditemukannya crop circle di tiga tempat di Yogyakarta, yang menggegerkan di awal tanun ini tentu menjadi pertanda bahwa hal yang berhubungan dengan alien begitu menjadi perhatian khalayak.

Dan melihat betapa fenomena alien menjadi euforia, sejenak, pikiran iseng muncul dalam benak saya. Manusia ini kadang kelewat aneh: meski keberadaan alien misterius ia disukai dan digemari. Atau justru karena misterius tersebut ia jadi membangkitkan horor membangkitkan andrenalin dan karenanya jadi menghibur. Tengok saja daftar film laris hollywood, pasti film tentang alien ada di deretan film terlaris.

Tentu saja, crop circle yang katanya hasil karya iseng mahasiswa UGM itu, tidak bisa dijadikan bukti adanya alien. Namun, saya tertarik dengan pernyataan Drapper & Smith dalam textbook klasik bertahun 1966 'Applied Regression Analysis' yang biasa dipakai untuk menala ‘kebenaran’.

Buat mahasiswa science yang menjelang tugas akhir pasti tak asing dengan pernyataan Drapper & Smith itu . “The absence of proof is not the proof of absence,” demikian mereka. Ketiadaan bukti bukan bukti ketiadaan.

berikutnya tunggu catatan tentang alien..

No comments: