22 July 2007

5 cm




Sukses sudah Bayu Abdinegara bikin desain cover Novel 5 cm. ngaku aza, sudah lama banget saya ga baca novel (lelah baca novel, apalagi baca novel Indonesia. Yang udah ngeh cerita intinya cuman dari synopsisnya aja.) tapi kemaren ketika ke toga mas, nekat beli novel cuma gara-gara desainnya keren. Gambling tenan!! Ga tau siapa penulisnya (who is that Dhony Dirgantoro??) . Tanpa resensi. Cuma ngandelin cover, judul, penerbit, lalu di pojok tertulis best seller.

Tapi setelah baca dan hatam dalam waktu yang singkat (1 hari satu malam= kurang lebih 7 jam estapet) bener2 ga nyesel beli novel ini.

Novel setebal 379 halaman yang ditulis oleh Dhony Dirgantoro mengisahkan tentang persahabatan 5 orang yang tinggal di Jakarta. Ada Arial, Genta, Riani, Zafran ama Rian. Semuanya udah bersahabat sejak SMA. Kemana-mana berlima. Ngapa-ngapain berlima. Dan semua-muanya nya berlima.
Mereka ber-lima yang suka hal-hal yang baru, suka mengeksekusi hal-hal yang aneh, dan atau sekedar ngobrol ngalor kidul tanpa jelas ujungnya. akhirnya pada suatu saat ,saking udah lamanya bersahabat, mereka kehabisan pembicaraan. Sering ngulang dialog, guyonan yang itu2 aza, pokoknya mati gaya abis. Bosan.
Akhirnya mereka memutuskan untuk tidak ketemuan tidak komunikasi dan menjalankan hidup tanpa teman segeng nya selama tiga bulan. Nah… dalam tiga bulan tersebut banyak cerita yang seru dan yang bikin otak mereka mikir bikin hati mereka merasa.
Cerita semakin seru ketika masa penantian tiga bulan tanpa teman se genk telah usai, dirayakan dengan mendaki gunung Mahameru. Tanah tertinggi di pulau Jawa. Sebuah perjalanan meraih mimpi, harapan dan cinta…

“Setiap mimpi atau keinginan atau cita-cita, kamu taruh disini, didepan kening kamu…jangan menempel. Biarkan dia menggantung…mengambang…5 centimeter …di depan kening kamu…jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu. Dan kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu itu setiap hari, kamu lihat setiap hari, dan percaya kamu bisa. Apapun hambatannya, bilang sama diri kamu sendiri, kalao kamu percaya sama keinginan itu dan kamu enggak bisa menyerah. Bahwa kamu akan berdiri lagi setiap kamu jatuh, bahwa kamu akan mengejarnya sampai kamu dapat….”

Disaat lelah baca novel basi, atau garing dengan buku-buku yang mengasingkan diri Anda. Atau novel seorang manusia dari negeri Malaikat yang tanpa cela yang mengajak anda bertemu orang-orang suci. Novel ini justru menampilkan sosok pemuda indonesia “asli” yang kadang khilaf dan salah namun bukan berarti isinya tanpa nilai dan hikmah. Novel yang tetap menjejakkan kaki pembaca kepada bumi namun juga sekaligus meraih mimpi yang menggantung dilangit.
Buku ini manjur untuk mendapatkan kembali harapan dan impian yang mungkin tanpa sadar dikit demi sedikit kita lepaskan.
Baca aza biar lebih lengkap.


Cat: di Malang (toga mas) buku ini baru ada bulan Juli. padahal cetakan pertama bulan Mei 2005. (kemana aza lo selama ini)??

2 comments:

Anonymous said...

spectaculer...imaginefull.tahu gak,kalo bleh jujur,jiwa petualang ane serasa terkobarkan kembali.bentar lagi kan tgl 17 agsts,F5 dan rombongannya edniek masih ngaluin ritual pengibaran bendera lagi gak ya?jadi ingin kesana!!!!maklum,ane pernah aktif jadi PA di SMA,namanya BRAMASTYA(lupa kepanjangannya).semoga semangat yang kita punya meski hampir surut, tidak akan pernah mati...dan,,,,,kembalikan semangat kita hanya untuk mencari RidloNya...insya Allah gak kan pernah padam

Dewi,
akhi, ajari bikin blog donk!
kirim aja ke : al_greenty@yahoo.com

dewi said...

kasih channel:
dah baca novel "laskar pelangi"nya adrea hirata.insya Allah gak kalah seru ma 5cm, penuh harapan, cita-cita,tantangan yang menari-nari disekeliling mimpi...dan yang gak ketinggalan,ngocolalias ndagel (bahasa jawa)nya gak dibuat-buat.POKOKE SERU!!!!

selamat mencoba,
Nurfa,,,,